LINTAS PERISTIWA
Trending

Hari Ini, Pelayanan Provinsi SVD Ruteng di Paroki Bima Berakhir

BIMA– Hari ini, Minggu, 14 April 2024, menjadi catatan sejarah perjalanan Paroki St. Yusuf, Bima.

Paroki paling timur Keuskupan Denpasar yang terletak di Dekenat NTB itu, dalam waktu cukup lama dilayani oleh para imam Serikat Sabda Allah (SVD) Provinsi Ruteng dan terhitung sejak hari ini, Minggu, 14 April 2024 berakhir.

Gedung Paroki Bima, selama ini dilayani oleh para imam SVD Provinsi Ruteng dan Tenda di halaman gereja dengan dekorasi menarik untuk acara penyerahan hari ini

Selanjutnya pelayanan imam yang memimpin paroki ini diserahkan sepenuhnya kepada Keuskupan Denpasar.

Minggu sore ini, secara resmi upacara penyerahan pelayanan imam di Paroki Bima dari SVD Ruteng kepada keuskupan akan dilaksanakan dalam perayaan Ekaristi Minggu (14/4) petang.

Dalam upacara penyerahan ini, juga akan diserahterimakah Pastor Paroki Bima RP. Yoseph Bala Makin,SVD, kepada Pastor Paroki baru RD. Agustinus I Wayan Julianto yang kini telah mengantongi SK Uskup Denpasar menjadi pastor paroki definitif.

Suasana pertemuan pagi ini di ruangan pastoran Bima

Dalam rangka perayaan bersejarah ini, di Bima saat ini telah hadir Uskup Denpasar Mgr. Silvester San, RD. Wayan Julianto, Administrator Deken NTB RP. Iron,SVD dan beberapa imam Diosesan lainnya.

Demikian pula dari SVD Ruteng, telah hadir Provinsial SVD Ruteng RP. Paulus Tolo,SVD, serta dua mantan Pastor Paroki Bima yakni RP. Adam Satu,SVD dan RP. Romualdus Pitan,SVD.

Mantan Pastor Paroki Bima RP. Romualdus Pitan,SVD, saat obrolan dengan media ini merasa bersyukur dan senang karena SVD Bima meninggalkan paroki ini dalam keadaan baik, seperti dari sisi keuangan maupun aset-aset yang lumayan bagus untuk penghidupan Gereja ini ke depannya.

RP. Yoseph Bala Makin, SVD (paling kanan) dan RP. Falen Tnesi,SVD (paling kiri) dalam rapat DPP bersama Uskup Denpasar dan Provinsial SVD Ruteng, Minggu pagi

Demikian pula kehidupan umat yang semakin lebih baik walaupun mayoritas adalah perantau yang mencari kerja di daerah ini.

Pastor yang ikut berjuang bersama umat dalam pembangunan gereja Bima yang saat ini berdiri megah di atas lahan gereja lama, juga menyarankan beberapa usulan konstruktif.

Diusulkan antara lain penyegaran kepengurusan DPP, pemekaran KBG, terus bangun hubungan yang baik dengan FKUB dan Pemerintah, dan sebagainya.

Ungkapan syukur juga disampaikan RP. Adam Satu,SVD, karena penyerahan ini terjadi bukan karena ada masalah tetapi memang sudah waktunya karena Keuskupan Denpasar semakin mandiri dari sisi keberadaan imam diosesan.

Menurut Pater Adam, umat di Bima ini banyak perantau dan pencari kerja, hanya sedikit yang memiliki pekerjaan tetap seperti pengusaha dan berstatus PNS.

Suasana pertemuan pagi ini di ruangan pastoran Bima

Disarankan agar pastor baru nantinya pertama-tama yang perlu dilakukan adalah pendataan umat serta pemberdayaan fungsionaris pstoral agar semakin meningkatkan pemahaman pastoralnya serta konsep-konsep pastoral dengan menyesuaikan konteks masyarakat dan budaya di Bima ini, tetapi tetap selaras dengan visi, misi maupun karya pastoral Keuskupan Denpasar.

Obrolan ringan bersama kedua imam senior itu dilakukan di meja makan sebuah penginapan untuk tamu yang hadir mengikuti peristiwa iman tersebut.

Beberapa harapan kedua imam senior ini pun didengar kan secara langsung oleh Pastor Paroki yang baru RD. Wayan Julianto yang sebelumnya Pastor Paroki Donggo.

Persiapan Matang

Media ini menyaksikan secara langsung persiapan panitia yang sudah matang baik dari sisi liturgi maupun dekorasi gereja dan aula serta halaman gereja yang akan dipakai sebagai tempat ramah tamah selepas perayaan Ekaristi, Minggu malam.

Tidak hanya itu, Pastor Paroki didampingi Pastor Rekan RP. Falen Tnesi,SVD, DPP Bima, Uskup Denpasar, RD. Wayan Julianto dan Provinsial SVD Ruteng mengadakan pertemuan di ruangan pastoran Bima.

Pastor Paroki Bima yang hari ini menyelesaikan pelayanannya, RP. Yoseph Bala Makin, SVD, dalam pertemuan itu melaporkan karya pastoral yang sudah berjalan dan akan dilaksanakan ke depan.

Pastor paroki dibantu Ekonom dan Bendahara Paroki juga melaporkan daftar inventaris aset-aset paroki dan kondisi keuangan terakhir paroki ini sebelum SVD Ruteng meninggal paroki Bima.

Dalam pertemuan ini pastor paroki juga berkonsultasi di forum itu tentang Berita Acara yang secara resmi akan diserahkan dalam perayaan nanti, baik terkait penyerahan aset dan keuangan paroki maupun serah terima jabatan pastor paroki.

Semua laporan yang disampaikan Pastor Paroki dan DPP inti paroki itu, termasuk draf berita acara ditanggapi dengan baik oleh Uskup Denpasar maupun Provinsial SDV Ruteng.

Pastor Paroki Bima yang baru RD. Wayan Julianto (tengah) diapit dua mantan Pastor Paroki Bima dari SVD Ruteng RP. Adam Satu,SVD (kiri) dan RP. Romualdus Pitan,SVD (kanan)

Usai pertemuan ini, pihak DPP kembali menyiapkan segala sesuatu yang masih perlu disempurnakan untuk suksesnya Perayaan Ekaristi penyerahan pelayanan paroki Bima dari Imam SVD Ruteng kepada imam Keuskupan Denpasar dan segala bentuk administrasi lainnya.

Babak baru pelayanan paroki Bima pun segera dimulai di bawah kepemimpinan imam diosesan Keuskupan Denpasar yang pertama kali dijabat oleh RD. Agustinus Wayan Julianto. ***

Penulis : Hironimus Adil
Show More

KOMISI KOMUNIKASI SOSIAL

Tim Redaksi *Pelindung Mgr. DR. Silvester San (Uskup Keuskupan Denpasar) *Pemimpin Umum/Penanggung Jawab/Pemimpin Redaksi RD. Herman Yoseph Babey (Ketua Komisi Komsos) *Redaktur: Hironimus Adil- Blasius Naya Manuk- Christin Herman- J Kustati Tukan-

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close