LINTAS PERISTIWA
Trending

Aksi Sosial dan Berbagi Memaknai Paskah di Paroki Singaraja

SINGARAJA– Dalam rangka perayaan Paskah tahun 2024 ini, Panitia Paskah Paroki Santo Paulus Singaraja menggelar berbagai kegiatan sosial yang dimulai dari sebelum Minggu Palma hingga Minggu Paskah II.

Pastor Paroki, RD. Agustinus Bere Lau, menyampaikan bahwa Perayaan Paskah kali ini harus fokus pada perayaan liturgi Paskah, dan mengurangi kegiatan pesta pora, lebih baik anggaran untuk pesta tersebut dialihkan untuk kegiatan-kegiatan sosial yang menyasar umat paroki yang membutuhkan perhatian dan bantuan.

Untuk itulah, Panitia Paskah kali ini merancang sejumlah kegiatan sosial guna memeriahkan perayaan Paskah 2024.

Kegiatan-kegiatan tersebut antara lain, Donor darah, Pemeriksaan Kesehatan Gratis, dan Pemeriksaan Gigi Gratis.

Kegiatan dilaksanakan pada Minggu 17 Maret 2024 di Aula Paroki lt. 1, setelah misa.

Pelaksanaan donor darah bekerjasama dengan PMI Kabupaten Buleleng menyasar seluruh umat yang berkenan menyumbangkan darahnya untuk orang yang membutuhkan.

Dari 54 orang yang medaftarkan diri, setelah dilakukan pemeriksaan, terdapat 50 orang yang diijinkan untuk mendonorkan darahnya, sehingga diperoleh 50 kantung darah dari berbagai jenis golongan darah.

Untuk Pemeriksaan Kesehatan Gratis, Panitia Paskah menggandeng Rumah Sakit Kertha Usada sebagai pelaksananya.

Dengan kekuatan dua orang dokter umum dan dibantu oleh petugas medis, Tim Safari Kesehatan RS Kertha Usada ini dapat memeriksa 88 orang umat yang membutuhkan pemeriksaan kesehatan maupun konsultasi kesehatan.

Selain diperiksa dan diberikan penyuluhan kesehatan, diberikan juga obat-obatan sesuai kebutuhan, dan cek laboratorium untuk gula darah, kolesterol, dan asam urat. Sedangkan untuk Pemeriksaan Gigi Gratis dilayani oleh drg. Indriyani.

Dalam kegiatan pemeriksaan gigi tersebut, terdapat sebanyak 33 orang yang memeriksakan giginya.

Selain dilakukan pemeriksaan gigi yang mendetail, diberikan juga penyuluhan bagaimana merawat gigi dengan baik dan menyikat gigi dengan benar.

Aksi berikutnya adalah peduli Seminari. Kegiatan ini merupakan bentuk aksi nyata Pendalaman APP tahun 2024 yang disepakati untuk dilaksanakan bersama oleh lingkungan maupun basis.

Hingga akhir waktu pengumpulan, berhasil dikumpulkan dana sejumlah 20 juta rupiah, beras sebanyak 630 kg, mie instan sebanyak 10 dus, dan buku tulis sebanyak 2 dus dengan jumlah kurang lebih 500 buah.

Penyerahannya sendiri dilakukan pada Sabtu, 6 April 2024 di Seminari Menengah Roh Kudus Tuka Badung Bali, oleh sejumlah perwakilan umat lingkungan, DPP dan Panitia Paskah, yang diterima langsung oleh Rektor Seminari, RD. Hubertus Hady Setiawan.

Berikutnya adalah pembagian sembako bagi umat yang membutuhkan. Aksi ini didukung sepenuhnya oleh Joger Jelek dan dilaksanakan 7 April 2024 di Aula Paroki lt. 1 setelah misa Minggu Paskah II.

Dalam kesempatan kali ini terasa sangat istimewa, karena pemilik Joger sendiri Mr. Joger atau Joseph Theodorus Wulianadi, hadir sendiri bersama keluarga membagikan beras dan sejumlah dana kepada 50 orang umat yang membutuhkan.***

Penulis: VJ Krisna

Editor: Hiro/KomsosKD

Show More

KOMISI KOMUNIKASI SOSIAL

Tim Redaksi *Pelindung Mgr. DR. Silvester San (Uskup Keuskupan Denpasar) *Pemimpin Umum/Penanggung Jawab/Pemimpin Redaksi RD. Herman Yoseph Babey (Ketua Komisi Komsos) *Redaktur: Hironimus Adil- Blasius Naya Manuk- Christin Herman- J Kustati Tukan-

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close