LINTAS PERISTIWA
Trending

Rapat Perdana Panitia Kemah 1000 Anak Sekami 2024

DENPASAR – Kabar gembira bagi anak-anak Sekami Keuskupan Denpasar. Tahun 2024 ini Kemah 1000 Anak Sekami kembali digelar.

Terakhir pertemuan akbar anak-anak misioner ini dilaksanakan tahun 2019, atau lima tahun lalu. Sejatinya, kegiatan ini dilaksanakan 2022, tetapi karena terhalang pandemik covid 19, sehingga pelaksanaannya ditunda.

Palasari, di Kabupaten Jembrana, Bali Barat, kembali dipilih sebagai tempat pelaksanaan kegiatan yang rencananya berlangsung pada 4 – 7 Juli 2024. Palasari menjadi langganan kegiatan ini, sebab dari fasilitas ataupun sarana-prasarana yang ada cukup memadai.

Suasana Rapat Perdana

Sebagai persiapan demi suksesnya Kemah 1000 Anak Sekami 2024, Panitia Kemah 1000 Anak Sekami melaksanakan rapat perdana di Aula Keuskupan Denpasar, Senin (22/4/2024) malam. Dihadiri oleh sekitar 30 orang panitia yang berdomisili di Denpasar dan sekitarnya.

Sementara panitia pelaksana lainnya, seperti yang ada di Palasari maupun dari NTB, tidak dapat bergabung karena jarak yang cukup jauh. Namun, Menurut Ketua Umum Panitia yang juga Direktur Diosesan (Dirdios) Karya Kepausan Indonesia (KKI) RD. Herman Yoseph Babey, direncanakan akan ada rapat koordinasi khusus dengan panitia di Palasari, pada 29 April 2024 mendatang.

Ketua Umam Panitia yang juga Dirdios KKI Keuskupan Denpasar RD. Herman Yoseph Babey, saat memimpin rapat perdana Panitia Kemah 1000 Anak Sekami 2024, di Aula Keuskupan, Senin (22/4/2024)

Rapat perdana di Aula Keuskupan Senin malam itu dipimpin langsung oleh RD. Herman Yoseph Babey selaku Ketua Umum Panitia. Dalam kesempatan itu, selain memperkenalkan seluruh panitia, Rm. Babey juga menyampaikan tugas dan fungsi (job description) masing-masing kepanitiaan.

Menurut Romo Babey, panitia Kemah kali ini tidak banyak berubah dari panitia sebelumnya, sehingga tidak banyak hal yang dibahas sebab masing-masing bidang memiliki pengalaman dan memahami tugasnya.

Di sisi lain Dirdios KKI Keuskupan Denpasar itu menyampaikan bahwa kegiatan Kemah kali ini tidak ada penggalian dana secara khusus, karena sudah ada dana bantuan dari Propoganda Fide maupun dari kas KKI sendiri.

Dibuka Bupati Jembrana

Dalam pertemuan ini Ketua Umum Panitia secara garis besar mempresentasekan rancangan run down acara yang akan terjadi selama empat hari kegiatan. Ada pawai missioner, drama kolosal, animasi missioner dalam gerak dan lagu, pentas seni, edukasi (katekese) iman, Sekami menuju iman yang tangguh, kreativitas misioner, kunjungan missioner ke rumah-rumah umat dan perayaan Ekaristi.

Beberapa tokoh yang rencananya akan hadir dalam acara jumpa anak Sekami ini antara lain Uskup Denpasar Mgr. Silvester San berserta para imam yang berkarya di Keuskupan Denpasar, Direktur Nasional KKI RD. Markus Nur Widi, dan Bupati Jembrana yang berencana hadir pada acara pembukaan sekaligus membuka kegiatan itu secara resmi.

Berdasarakan catatan panitia, peserta dari seluruh paroki dan stasi (mandiri) yang sudah mendaftar mengikuti Kemah tahun 2024 ini sebanyak 1065 orang anak Sekami dan 117 pendamping. Sementara Panitia kurang lebih 130 orang.

Sebagaimana dalam run down acara, pada pembukaan nanti akan dipentaskan drama kolosal dengan judul sesuai tema Kemah 1000 Anak Sekami 2024: “Anak Misioner Jadilah Pemimpin yang Membawa Damai.” Drama ini menurut Rm. Babey, akan dipentaskan oleh anak-anak Sekami dari Paroki Mataram dan Paroki Ampenen, Dekenat Nusa Tenggara Barat.

Foto bersama panitia di akhir peremuan

Pada kemah sebelumnya, drama kolosal dipersembahkan antara lain oleh anak-anak Sekami Paroki Palasari, lalu Paroki Singaraja dan kemah 2019 oleh anak-anak Sekami Paroki Katedral.

“Kali ini kita beri kepercayaan anak-anak Sekami di pulau seberang yaitu dari pulau Lombok, lalu Kemah berikutnya lagi kepada anak-anak di Pulau Sumbawa. Ini biar merata,” ungkap Rm. Babey. ***

Penulis : Hironimus Adil
Show More

KOMISI KOMUNIKASI SOSIAL

Tim Redaksi *Pelindung Mgr. DR. Silvester San (Uskup Keuskupan Denpasar) *Pemimpin Umum/Penanggung Jawab/Pemimpin Redaksi RD. Herman Yoseph Babey (Ketua Komisi Komsos) *Redaktur: Hironimus Adil- Blasius Naya Manuk- Christin Herman- J Kustati Tukan-

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close