LINTAS PAROKILINTAS PERISTIWA
Trending

TENIS MEJA PERSAHABATAN LIMA PAROKI; RD. WANTA: INI PERWUJUDAN SINODALITAS

PAROKI St. Yoseph Denpasar menjadi tuan rumah dalam pertandingan persahabatan tenis meja, Minggu (15/1/2023). Pertandingan berlangsung di basemen gereja Yesus Gembala Yang Baik Ubung, Denpasar, dimulai pukul 13.00 wita. Katedral Denpasar keluar sebagai juara.

Pertandingan perlangsung seru

Ada lima paroki yang mengambil bagian dalam pertandingan persahabatan ini, yakni Paroki St. Maria Ratu Rosari Gianyar, Paroki Tritunggal Mahakudus Tuka, Paroki Roh Kudus Katedral Denpasar, Stasi St. Maria Guadalupe Sading (Paroki St. Theresia Tangeb) dan Paroki St. Yoseph Denpasar selaku tuan rumah.

Tidak tanggung-tanggung, semua paroki yang terlibat masing-masing didampingi oleh pastor parokinya, kecuali Stasi Sading. Para imam yang hadir antara lain Pastor Paroki Roh Kudus Katedral RD. Herman Yoseph Babey, Pastor Paroki St. Yoseph Denpasar RP. Yohanes I Nyoman Madia Adnyana, SVD, Pastor Paroki St. Maria Ratu Rosari Gianyar RD. Dominikus I Gusti Bagus Kusumawanta, Pastor Rekan Paroki Tuka RP. Paskalis Nyoman Widastra, SVD serta Pastor Rekan Paroki St. Yoseph RP. Laurentius I Ketut Supryanto, SVD.

Pertandingan eksibisi, Pasangan Rm. Babey-Rm. Wanta Vs Pasangan Rm. Yan Madia-Rm. Paskalis Widastra

Pertandingan persahabatn ini dibuka dengan pertandingan eksibisi antara pasangan RD. Herman Yoseph Babey-RD. Dominikus I Gusti Bagus Kusumawanta, lawan pasangan RP. Yohanes Nyoman Madia, SVD-RP. Paskalis Nyoman Widastra, SVD. Pertandingan imam lawan imam ini dimenangkan pasangan RD. Babey-RD. Wanta.

Pertandingan persahabatan ini merupakan pertemuan yang ketiga kalinya. Hanya saja dua pertandingan sebelum hanya diikuti tiga paroki yaitu Stasi Sading-Paroki Tangeb, Paroki St. Yoseph Denpasar dan Paroki Gianyar.

Pastor Paroki St. Maria Ratu Rosari Gianyar RD. Dominikus I Gusti Kusumawanta, di sela-sela serunya turnamen persahabatan di basemen gereja Ubung, mengatakan bahwa pertandingan persahabatan ini berawal dari undangan Stasi Sading dalam rangka HUT stasi itu beberapa waktu lalu. Ketika itu pertandingan segitiga antara Paroki St. Yoseph Denpasar, Paroki Gianyar dan Stasi Sading selaku tuan rumah.

Merasa bahwa ini sangat bermanfaat baik untuk kesehatan jasmani maupun dalam merawat kebersamaan, kemudian disepakati untuk diteruskan dan tuan rumahnya secara bergantian. Maka terjadilah pertemuan pertandingan kedua di Paroki Gianyar, lalu Paroki St. Yoseph sebagai tuan rumah ketiga.

Empat imam dari kiri ke kanan: Rm. Yan Madia, Rm. Wanta, Rm. Paskalis dan Rm. Babey, sebelum pertandingan eksibisi

Mendengar ada pertandingan persahabatan ini, dua paroki lainnya tertarik untuk bergabung yaitu Paroki Tritunggal Mahakudus Tuka dan Paroki Roh Kudus Katedral. Sehingga dalam pertandingan persahabatan ketiga di Paroki St. Yoseph pesertanya menjadi lima paroki.

Romo Wanta, sendiri melihat bahwa pertandingan persahabatan ini sejatinya merupakan perwujudan sinodalitas (berjalan bersama) dalam bentuk olah raga bersama dengan tagline “Ayo berolah raga, jangan malas bergerak!”

Pandangan yang sama juga diungkapkan Pastor Paroki St. Yoseph Denpasar RP. Yohanes Nyoman Madia Adnyana, SVD. Menurut Romo Yan Madia, spiriti utama pertandingan ini adalah kebersamaan antara paroki.

“Melalui kegiatan sederhana ini kita bisa saling kenal, saling mencintai dan selanjutnya akan lebih mudah bergerak secara sinergi lintas paroki dalam karya pastoral maupun hal-hal positif lainnya,” ungkap Rm. Yan.

Ketua BPU Paroki Roh Kudus Katedral, Wawan, mengungkapkan bahwa Paroki Katedral menyambut baik dan gembira untuk bergabung dalam pertandingan persahabatan ini.

“Ini pertama kali buat Katedral. Kami menyambut dengan baik sekaligus silhaturahmi antar paroki. Ini sangat baik untuk kebersaman dan saling kenal. Kami berharap ke depannya lebih banyak lagi paroki yang diundang, lebih bagus jika semua paroki di Bali Timur. Bidang olahraga yang dipertandingkan juga selain tenis meja, bisa juga badminton, bola voley, dll,” ungkapnya, seraya berseloroh “Kalau juara dalam pertandingan tenis meja ini, kami siap jadi tuan rumah.”

Ternyata harapan Ketua BPU Paroki Katedral ini bukan isapan jempol belaka. Terbukti, Regu Tenis Meja Paroki Katedral terlalu tangguh bagi paroki lainnya, terbukti mereka keluar sebagai juara.

Sistem pertandingannya beregu. Namun, sampai sejauh ini pertandingan masih sebatas regu tenis meja pria. Satu regu (paroki) terdiri dari tiga ganda dan dua single, di mana setiap regu saling bertemu. Kendati bersifat persahabatan, tetapi masing-masing regu (paroki) berjuang memberikan permainan terbaik mereka.

Foto bersama sebelum pertandingan

Dari pertandingan persahabatan yang berlangsung tepat pada peringatan St. Arnoldus Jansen (Pendiri Serikat SVD) itu, urutan pemenangnya sebagai berikut: Juara I Regu Paroki Katedral, Juara II Regu Paroki Tuka, Juara III Regu Stasi Sading dan Juara Favorit Gianyar.

Kendati belum juara, tetapi Paroki St. Yoseph telah menjadi tuan rumah yang baik, mereka memberikan yang terbaik dengan menyambut para tamu dengan penuh sukacita dan keramahan. Aneka hidangan baik makanan dan minuman ringan sampai menu makan bersama disediakan secara melimpah di meja-meja hidangan di sekitar areal pertandingan. Ibu-ibu paroki melayani semua yang hadir dengan penuh keramahan. Sampai jumpa di pertandingan persahabatan berikutnya.***

Penulis
Hironimus Adil

 

Show More

KOMISI KOMUNIKASI SOSIAL

Tim Redaksi *Pelindung Mgr. DR. Silvester San (Uskup Keuskupan Denpasar) *Pemimpin Umum/Penanggung Jawab/Pemimpin Redaksi RD. Herman Yoseph Babey (Ketua Komisi Komsos) *Redaktur: Hironimus Adil- Blasius Naya Manuk- Christin Herman- J Kustati Tukan-

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close