LINTAS PAROKI

SEMINARI TUKA BERTANDANG KE PAROKI TERTUA DI BALI

Minggu, 26 Maret 2023, Paroki Santo Yoseph Denpasar kedatangan tamu istimewa. Seminari Menengah Roh Kudus Tuka bertandang ke paroki tertua di Pulau Dewata.

Mereka merayakan Ekaristi Minggu Prapaskah V bersama seluruh umat, baik di Gereja Yesus Gembala Yang Baik pukul 09.00 WITA dan di Gereja Santo Yoseph pukul 18.00 WITA.

RD. Hubertus Hady Setiawan bertindak sebagai selebran pada misa pukul 09.00 WITA di GYGB dan RD. YB. Nyoman Suryana bertindak sebagai selebran pada misa pukul 18.00 WITA di gereja St. Yoseph. Perayaan Ekaristi ini pun dimeriahkan oleh paduan suara para seminaris Seminari Tuka.

Pada perayaan Ekaristi pukul 09.00 WITA, Romo Hady, demikian akrab disapa, menyampaikan maksud kunjungan mereka tidak lain adalah untuk memperkenalkan atau mempromosikan panggilan sebagai imam melalui pendidikan seminari.
Di samping itu, kegiatan ini juga bermaksud sebagai penggalangan dana dalam rangka 70 tahun Seminari Tuka yang didirikan pada 1953 oleh P. Norbert Shadeg, SVD.

Dalam sambutannya sebelum mengakhiri perayaan Ekaristi, P. Yan Madia, SVD mengucapkan limpah terima kasih atas kunjungan Seminari Tuka.

P. Yan mengingatkan bahwa imam adalah mutlak di dalam Gereja. “Meskipun gereja bagus, umat banyak, tetapi jika tidak ada imam, tidak akan pernah ada Perayaan Ekaristi. Maka, pendidikan imam harus kita dukung sepenuhnya agar keberlanjutan pelayanan kepada umat Allah tetap terjaga,” ungkapnya.

“Sepanjang pengetahuan saya, pendidikan calon imam tidaklah murah. Bahkan, menurut kami SVD, donatur terbesar bukanlah mereka yang menyumbang terbanyak, tetapi keluarga-keluarga yang mau menyumbangkan putra-putri terbaiknya untuk melayani Tuhan di jalan panggilan. Maka, ayo! Jika kita tidak bisa memberikan anak kita, setidaknya kita bantu dalam hal materiil dan tentunya moril kepada para seminaris kita,” tandas Pastor Paroki Santo Yoseph Denpasar ini.

Romo Hady pun atas nama Seminari Tuka mengucapkan limpah terima kasih atas penerimaan serta dukungan umat Paroki Santo Yoseph Denpasar terhadap Seminari Tuka.

Sebagai bentuk solidaritas, Paroki Santo Yoseph Denpasar membagikan amplop sumbangan dengan intensi khusus penggalangan dana Seminari Tuka, juga memberikan kolekte kedua kepada Seminari Tuka.

Tidak hanya di Gereja Yesus Gembala Yang Baik, Seminari Tuka juga bertandang ke Gereja Santo Yoseph. Gereja tua di pusat kota ini menerima kunjungan para seminaris pada misa pukul 18.00 WITA. Romo Komang, demikian akrab disapa, menjadi selebran dalam perayaan Ekaristi ini.

Seminari Tuka tidak hanya melayani sebagai paduan suara. Mereka juga menggalang dana melalui penjualan kaos dalam rangka 70 Tahun Seminari Tuka. Harapannya, penggalangan dana ini dapat semakin memajukan Seminari Tuka sebagai lahan persemaian para pekerja di kebun anggur Tuhan kelak.

Penulis
Joshua Jolly SC

Editor: Hiro/KomsosKD

Show More

KOMISI KOMUNIKASI SOSIAL

Tim Redaksi *Pelindung Mgr. DR. Silvester San (Uskup Keuskupan Denpasar) *Pemimpin Umum/Penanggung Jawab/Pemimpin Redaksi RD. Herman Yoseph Babey (Ketua Komisi Komsos) *Redaktur: Hironimus Adil- Blasius Naya Manuk- Christin Herman- J Kustati Tukan-

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close