LINTAS PERISTIWA
Trending

PESTA KELUARGA KUDUS; RM ELI: INI HARI BERKAT KHUSUS BAGI KELUARGA

KEUSKUPANDENPASAR.NET Masih dalam suasana sukacita Natal, Gereja Katolik Sejagad merayakan Pesta Keluarga Kudus Yesus – Maria – Yoseph, tepat sehari setelah hari raya Natal.

Pesta Keluarga Kudus ini pun dirayakan di seluruh Gereja Katolik, termasuk di Gereja St. Maria-St.Yoseph Dompu.

Walau dua hari berturut-berturut mengikuti misa Natal, 24 dan 25 Desember, umat tidak merasa lelah, tetap antusias dan penuh semangat hadir dalam perayaan Keluarga Kudus, 26 Desember, yang tahun ini bertepatan jatuh pada hari Minggu.

Pastor Paroki Dompu RD. Eligius Wahyu Pawarta

Pastinya aroma Natal masih sangat kental. Kandang Natal maupun aksesoris Natal lainnya masih mewarnai perayaan ini.

Bahkan koor dari KBG St. Lukas, menyanyikan lagu-lagu khas Natal. Tidak heran jika perayaan 26 Desember yang sejatinya Pesta Keluarga Kudus, selalu disebut Natal kedua.

Kendatipun, menurut Pastor Paroki Dompu RD. Eligius Wahyu Pawarta, sesungguhnya Natal kedua itu tidak ada karena Natal hanya sekali.

Dalam homilinya pastor yang akrab disapa Romo Eli, itu mengungkapkan bahwa hari ini adalah hari berkat khusus bagi keluarga.

Melalui bacaan-bacaan suci yang diwartakan dalam perayaan ini, kata Romo Eli, ini merupakan hari spesial yang penuh berkat untuk para keluarga.

“Orang tua adalah berkat yang ditempatkan Tuhan bagi anak-anak. Suami adalah berkat yang ditempatkan Tuhan bagi istri dan sebaliknya istri berkat Tuhan untuk suami dan anak-anak merupakan berkat yang ditempatkan Tuhan bagi orang tua,” urainya.

Kandang Natal di gereja Dompu

Dalam bacaan pertama, dari 1 Samuel, demikian Romo Eli, Hana, memberikan nama anaknya Samuel.

“Samuel artinya aku telah memintanya dari Tuhan. Hana sangat yakin, Samuel adalah berkat dari Tuhan kepadanya karena dia memintanya dari Tuhan sendiri,” jelas imam kelahiran Palasari Bali itu.

Lebih lanjut Romo Eli menjelaskan, apa yang dicontohkan Hana seperti dalam bacaan pertama, juga dicontohkan oleh Maria dan Yoseph dalam kisah Injil, di mana Maria dan Yoseph telah menghantar Yesus kepada Tuhan.

Romo Eli, lalu menegaskan bahwa keluarga adalah berkat yang tidak bisa ditukarkan dengan apapun.

Kepada para orang tua Romo Eli mengingatkan, “Dengan meneladani Maria dan Yoseph, maka tugas orang tua adalah membawa anak-anak kepada Tuhan.”

Pastor Paroki bersama petugas liturgi

“Bukan sekedar membawa anak ke gedung gereja, tetapi anak-anak harus terus didampingi dengan mengantar mereka mengenal Tuhan maupun mengenalkan nilai-nilai hidup yang baik,” pintanya.

Oleh karena itu, menurut Romo Eli, orang tua jangan hanya mengantar anak dalam momen-momen tertentu seperti saat mereka dibaptis, saat mau penerimaan komuni pertama atau mengatar mereka ketika mau menerima Sakramen Perkawinan. Tetapi sungguh mendampingi dan mengantar mereka kepada Tuhan dengan mengajarkan mereka berdoa, mengajarkan hal-hal baik, termasuk dengan keteladanan hidup sehari-hari.

Selanjutnya bacaan kedua dalam 1 Yohanes menyampaikan sukacita yang besar kepada para pengikut Yesus karena Allah mengangkat kita sebagai anak-anak Allah.

Anggota koor bersama Romo Eli

“Sebagai anak Allah ada jaminan apa yang kita minta dari Allah pasti akan memperolehnya. Tapi bukan minta supaya cepat kaya dan banyak harta tetapi keselamatan. Allah juga menuntut dari kita untuk menjalani hidup dengan baik dan benar sehingga hidup kita menjadi lebih bermakna,” ungkapnya.

Di samping itu, supaya permintaan kita diindahkan Tuhan, maka dapat dilakukan hanya melalui Yesus Kristus.

Di penghujung homilinya, Romo Eli mengajak setiap keluarga Katolik untuk senantiasa saling mengasihi dan saling memberi diri.

“Kalau itu yang kita lakukan, maka Surga itu tidak jauh dari kita,” pungkasnya. *

Penulis
Hironimus Adil
Show More

KOMISI KOMUNIKASI SOSIAL

Tim Redaksi *Pelindung Mgr. DR. Silvester San (Uskup Keuskupan Denpasar) *Pemimpin Umum/Penanggung Jawab/Pemimpin Redaksi RD. Herman Yoseph Babey (Ketua Komisi Komsos) *Redaktur: Hironimus Adil- Blasius Naya Manuk- Christin Herman- J Kustati Tukan-

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close