LINTAS PERISTIWA
Trending

PEMILIHAN DAN PELANTIKAN PENGURUS KOMUNITAS KERASULAN KERAHIMAN ILAHI KD

KEUSKUPANDENPASAR.NET. 29 Oktober 2022, ketika ajang PESPARANI NASIONAL 2022 menggelegar di Kota Kupang, dalam suasana tenang dan damai, para devosan Kerahiman Ilahi dari paroki-paroki, berhimpun di Aula Keuskupan Denpasar (KD).

Ada dua agenda besar akhir tahun menjadi alasannya; Sosialisasi hasil Kongres Nasional IV di Makassar dan pemilihan pengurus baru serta agenda yang menyertainya.

Hadir para pengurus dari Paroki Silvester Pecatu, Paroki Fransiskus Xaverius Kuta, Paroki Santo Petrus Monang Maning Denpasar, Paroki Santa Maria Immaculata Tabanan, mewakili para devosan setempat.

Selain itu, juga turut hadir para devosan dari Paroki Santo Yoseph Denpasar dan dari Paroki Maria Bunda Segala Bangsa Nusa Dua. Meskipun belum terbentuk menjadi sebuah kelompok di paroki, kehadiran mereka disambut baik oleh para pengurus dan devosan yang sudah disahkan oleh Pastor Paroki masing-Masing.

Agenda pertama, sosialisasi hasil Kongres Nasional IV Kerahiman Ilahi Indonesia. Informasi disampaikan oleh Bapak Agustinus I Made Totok Suharto (Pak Totok) yang menjadi salah satu wakil devosan Keuskupan Denpasar untuk menghadiri Kongres Nasional tersebut selain Ibu Angelina Sri Mulyati Neves (Bu Angel).

Ternyata Pak Totok sempat membuat rekaman digital untuk menangkap kesan-kesan para peserta Kongres Nasional IV. Rangkuman dalam video pendek, sedikit memberi gambaran tentang KongNas IV.

Informasi ditambahkan oleh Ibu Angel dan P. Laurensius I Ketut Supriyanto, SVD, selaku moderator Komunitas Kerasulan Kerahiman Ilahi Keuskupan Denpasar (KKKI KD) sekaligus peserta KongNas IV.

File-file pemuridan yang disampaikan oleh para narasumber KongNas IV, disampaikan secara sekilas, mengingat waktu yang terbatas. Selanjutnya, file-file tersebut dibagikan kepada para devosan. Penekanan sesuai tema KongNas IV yakni KELUARGA sebagai oasis Kerahiman Ilahi, kembali disampaikan. Para devosan diajak untuk memulai menjadi rasul Kerahiman Ilahi dari dalam keluarga masing-masing.

Agenda kedua; Pemilihan Pengurus baru dijeda dengan makan siang terlebih dahulu. Setelahnya, rapat sesi kedua dimulai dengan mendengarkan Laporan dari Pengurus periode 2019-2022.

Sejatinya kepengurusan periode ini telah melewati masanya dan berakhir pada bulan Februari 2022. Namun, ketiadaan tata cara kepemimpinan dan keprihatinan terhadap Komunitas Kerahiman Ilahi yang tanpa pendamping seorang imam pada waktu itu, ditambah dengan persiapan mengikuti KongNas IV, maka ada masa antara yang menjadi berkah baru. Antara Februari sampai Oktober 2022, para pengurus periode 2019-2022 yang diketuai Bapak Adrianus Benno Ari Soebagiya, sepakat untuk menunda pergantian pengurus, untuk terlebih dahulu menyelesaikan aturan komunitas dan kepemimpinannya.

Alhasil, pada 31 Agustus 2022, lahirlah Statuta Komunitas Kerasulan Kerahiman Ilahi Keuskupan Denpasar, yang menjadi acuan untuk mengadakan pemilihan dan pergantian pengurus yang baru. Dikuatkan dengan adanya moderator dari kalangan imam, maka dirancanglah rapat pemilihan yang disepakati akan jatuh pada 29 Oktober 2022.

Selama beberapa bulan, para devosan tetap terjaga dan terlindungi, yang dimotori oleh beberapa volunteer yang tetap mengacu pada Pengurus Periode Februari 2019 – Oktober 2022. Situasi itu, telah memberi pengalaman tersendiri bagi para devosan. Tentu tidak mudah bagi para volunteer untuk memperjuangkan hal yang baik ini, jika tidak dibantu rahmat Allah. Semua akhirnya terselesaikan satu demi satu dalam kesabaran dan kerendahan hati untuk saling belajar.

Pemilihan Pengurus Komunitas Kerasulan Kerahiman Ilahi Keuskupan Denpasar, dilaksanakan sesuai tuntunan Statuta Komunitas. Struktur kepengurusan dilengkapi sesuai kesepakatan bersama dan dikeluarkan SK Pengangkatan pada hari yang sama untuk periode masa pelayanan Oktober 2022 – Oktober 2025.

Para pengurus terpilih telah menyatakan kesediaan untuk melayani sesuati struktur yang dibangun. Kepengurusan ini bersifat koordinatif dalam relasi dengan para devosan dan pengurus di paroki-paroki.
Adapun susunan kepengursan periode 2022-2025 sebagai berikut.

Ketua: Agustinus I Made Totok Suharto dari Paroki Tabanan; Wakil ketua: Agnes Christina (Paroki F.X Kuta); Sekretaris 1: Maria Caecilia Lindayani (Paroki St. Petrus Monang-maning Denpasar); Sekretaris II: Savitri Octavirly Josephine, (Paroki Santo Petrus Monang Maning Denpasar); Bendahara 1: Laurensia Kartini Paroki FX Kuta); Bendahara II: Maria Fransiska Elyta Mustika Dewi (Paroki Santo Yoseph).

Peran para pengurus inti, didukung oleh para koodinator bidang. Terpilih untuk Koordinator Leitourgia: Paulus Chang (Paroki MBSB Nusa Dua); Koordinator Kerygma: Sr. Damiana Kadun, SMBC (Paroki FX Kuta); Koordinator Diakonia: Antonius Lilik Ismurtono Santoso (Paroki St. Yoseph Denpasar); Koordinator Koinonia: Angelina Sri Mulyati Neves (Paroki FX Kuta); Koordinator Martyria: Johannes S. Rollie (Paroki MBSB Nusa Dua); ditambah satu seksi yakni seksi KOMSOS: Valentinus Anthony Sinaga (Paroki Santo Petrus Monang Maning Denpasar).

Ekaristi Pengukuhan Pengurus dan serah terima secara simbolis dari Ketua Periode 2019-2022, Bapak Adrianus Benno Ari Soebagiya kepada Ketua Periode Oktober 2022 – Oktober 2025, Bapak Agustinus I Made Totok Suharto, memberi warna tersendiri bagi perjuangan para devosan selama ini.

Selanjutnya, sesuai arahan Ketua terpilih, masing-masing koordinator dan seksi akan merancang program kerja jangka pendek. Penyususan program kerja untuk tahun 2023, akan diselenggarakan dalam rapat perdana yang akan disepakati kemudian.
Penyusunan program menjadi perlu, untuk menyelaraskan gerak bersama sesuai koridor tema Kongres Nasional IV KKKII dan persiapan untuk terlibat dalam memasuki tahun Sinode V Keuskupan Denpasar tahun 2023.

Tuhan menyelenggarakan, Deus providebit, Dialah Andalan dalam segala harapan yang baik. ***


Editor: Hiro/KomsosKD

Show More

KOMISI KOMUNIKASI SOSIAL

Tim Redaksi *Pelindung Mgr. DR. Silvester San (Uskup Keuskupan Denpasar) *Pemimpin Umum/Penanggung Jawab/Pemimpin Redaksi RD. Herman Yoseph Babey (Ketua Komisi Komsos) *Redaktur: Hironimus Adil- Blasius Naya Manuk- Christin Herman- J Kustati Tukan-

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close