LINTAS PAROKILINTAS PERISTIWA
Trending

PELANTIKAN MISDINAR PAROKI SANTO YOSEPH DENPASAR

Minggu, 9 Oktober 2022, sejumlah remaja dan anak-anak memenuhi barisan depan bangku umat di Gereja Yesus Gembala Yang Baik, Ubung Kaja.

Mereka tidak lain adalah putra-putri altar (atau disebut juga misdinar/ajuda) yang dengan keinginannya menyatakan siap menjadi pelayan altar Tuhan.

 

Hari Minggu itu terasa istimewa, sebab puluhan putra-putri altar itu dilantik untuk masa pelayanan satu tahun ke depan. Pastor Paroki Santo Yoseph Denpasar, P. Yan Madia, SVD memimpin Perayaan Ekaristi Pelantikan Misdinar pukul 08.30 tersebut.

Dalam homilinya, P. Yan menyatakan kebahagiaannya melihat anak-anak dan remaja yang menyediakan dan menyerahkan dirinya untuk melayani Tuhan di altar-Nya. Kebahagiaan ini pun tidak terlepas dari kisah Injil Minggu itu, yakni kisah sepuluh orang kusta yang disembuhkan Yesus, tetapi hanya satu yang kembali dan mengucap syukur.

“Saya tidak mencari-cari. Saya sangat bahagia selaku pastor, melihat anak-anak dan remaja kita, yang nota bene sama-sama sibuk, merelakan diri menjadi misdinar. Dan mereka, sebagaimana kita ketahui, rajin sekali melayani. Misa setengah tujuh pagi di sini pun, misdinar sudah datang. Pertanyaannya, kita paroki besar, lah kok cuma sekian yang ada? Di mana kamu yang lain? Bagaimana kalian para orang tua? Ayo, menjadi orang tua yang mendidik dan mengarahkan anak-anak untuk sedari kecil mengambil bagian dalam pelayanan, apalagi pelayanan suci di seputar altar,” pungkas P. Yan yang disertai dengan “desakan” kepada para orang tua.

Setelah homili, Ibu Paulina, Sekretaris I Dewan Pastoral Paroki (DPP), membacakan petikan surat keputusan Pastor Paroki tentang pelantikan putra-putri altar untuk masa pelayanan 2022-2023.

Susunan pengurus yang baru adalah sebagai berikut. Ketua: Lady Maria Elizabeth Cristovao. Wakil Ketua: Yohanes Geovani Putra Riu. Sekretaris 1: Maria Claudia Puspita Waro. Sekretaris 2: Putri Stefiani Rambung. Bendahara 1: Agnes Ika Pratiwi. Bendahara 2: Teresia Gama Correia. Seksi Liturgi 1: Pedrof Da Kristof. Seksi Liturgi 2: Ian Christopher Zhang. Seksi Liturgi 3: Johanes Djosua Agung Janggur.

Setelah seluruh susunan pengurus dipanggil, para putra-putri altar berdiri di tempat duduk masing-masing. Para misdinar yang bertugas pun turut bergabung dengan mereka untuk bersama-sama mengucapkan janji.

Sebelum itu, P. Yan memberikan penegasan bahwa mereka telah dipersiapkan untuk menjalankan pelayanan di seputar altar Tuhan. Kemudian, P. Yan menanyakan kesediaan putra-putri altar yang akan dilantik.

Setelah serempak menyatakan kesediaannya, mereka pun serentak membacakan janji mereka sebagai putra-putri altar untuk masa pelayanan satu tahun ke depan.

Puncak dari upacara pelantikan ini adalah pemercikan air suci oleh P. Yan diiringi lagu Datanglah Roh Mahakudus oleh paduan suara anak-anak Sekami. Setelah itu, perayaan Ekaristi dilanjutkan seperti biasa.

Perayaan Ekaristi Minggu Biasa XXVIII sekaligus Pelantikan Misdinar/Putra-Putri Altar ini pun diakhiri dengan foto bersama.

Proficiat kepada anak-anak dan remaja yang telah menyediakan dan menyerahkan diri sepenuhnya untuk pelayanan di seputar altar Tuhan.

Penulis
Joshua Jolly SC

Editor: Hiro/KomsosKD

Show More

KOMISI KOMUNIKASI SOSIAL

Tim Redaksi *Pelindung Mgr. DR. Silvester San (Uskup Keuskupan Denpasar) *Pemimpin Umum/Penanggung Jawab/Pemimpin Redaksi RD. Herman Yoseph Babey (Ketua Komisi Komsos) *Redaktur: Hironimus Adil- Blasius Naya Manuk- Christin Herman- J Kustati Tukan-

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close