LINTAS PERISTIWA

MENUJU KERUKUNAN DAN KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN

Nasionalisme adalah perasaan satu keturunan, senasib, sejiwa dengan bangsa dan tanah airnya. Nasionalisme yang dapat menimbulkan perasaan cinta tanah air disebut patriotism. Nasionalisme Indonesia adalah nasionalisme yang berdasarkan Pancasila yang selalu menempatkan kepentingan bangsa dan Negara di atas kepentingan pribadi dan golongan.
Makna kebangsaan mengacu pada sesuatu yang mendorong individu mewujudkan tujuan bersama, saling membantu dan tidak mementingkan diri sendiri. Makna dan keberadaan patriotisme itu sendiri tidak dapat dipisahkan dengan nasionalisme. Patriotisme menganjurkan seluruh anggota suatu bangsa untuk selalu rela berkorban kepada negaranya sebagai tempat berpijak, tempat hidup dan tempat mencari penghidupan. Sedangkan nasionalisme mengajarkan kepada kita untuk mencintai tanah air, bangsa dan Negara dengan segala apa yang dimilikinya.
Kebhinekaan adalah keanekaragaman, beragam, bermacam-macam, dsb. Kebhinekaan merupakan realita yang tidak dapat dipungkiri. Keanekaragaman dalam hal apapun yang sudah ada jauh sebelum Indonesia merdeka dan sebagai alat pemersatu dan mewujudkan nasionalisme.

Bhineka Tunggal Ika bukanlah hanya sekedar semboyan, melainkan tersimpan makna yang tersirat di dalamnya yang harus kita ketahui dan kita pahami. Pada prinsipnya semboyan bangsa Indonesia memiliki makna yang sangat penting yaitu toleransi dan kesatuan, antara lain:

Pertama, toleransi inilah yang dapat mencairkan perbedaan menjadi persatuan sehingga tidak ada perpecahan atau konflik.
Kedua, kesatuan merupakan hal yang harus dilakukan dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan dari berbagai macam ras, suku, dan agama.
Satu hal yang cukup simple adalah jika kita memiliki kejernihan akal dan pikiran dalam beragama di lingkungan yang beragam. Kita tidak perlu mengikuti keyakinan orang lain, juga tak perlu memaksakan orang lain untuk mengikuti keyakinan kita. Kita harus sadar bahwa kita hidup dalam lingkungan yang beragam karena itu menghargai yang lain adalah keharusan. Salah satu usaha menjaga keutuhan Negara kesatuan Republik Indonesia adalah dengan menjaga kebhinekaan dengan toleransi, persatuan dan rasa kemanusiaan.
*RD. Herman Yoseph Babey*

Show More

KOMISI KOMUNIKASI SOSIAL

Tim Redaksi *Pelindung Mgr. DR. Silvester San (Uskup Keuskupan Denpasar) *Pemimpin Umum/Penanggung Jawab/Pemimpin Redaksi RD. Herman Yoseph Babey (Ketua Komisi Komsos) *Redaktur: Hironimus Adil- Blasius Naya Manuk- Christin Herman- J Kustati Tukan-

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close