HIDUP MENJADI CERITA
Trending

MENGUNDANG DEVOSAN KERAHIMAN ILAHI BERKOMUNITAS

Olah Kesalehan umat beriman di Keuskupan Denpasar telah berkembang dari olah saleh pribadi menjadi olah saleh dalam komunitas.

Nilai-nilai positif dari communio atas panggilan yang serupa dirasakan sangat mendukung penghayatan setiap pribadi di dalamnya.

Yang Mulia, Bapak Uskup Keuskupan Denpasar Mgr. Silvester San, juga telah memperhatikan bahwa devosi kepada Tuhan Yesus Kristus, secara lebih khusus pada Kerahiman Ilahi, telah berkembang dan hadir di paroki-paroki di wilayah Keuskupan Denpasar.

Beberapa paroki bahkan sudah memiliki Komunitas Kerahiman Ilahi dengan program-program rohani dan program kemanusiaan yang baik.

Foto-foto saat rekoleksi Kumunitas Kerasulan Kerahiman Ilahi berapa bulan lalu

Dalam rangka menghimpun, mengarahkan dan mendampingi para devosan dan komunitas devosan Kerahiman Ilahi di wilayah Keuskupan Denpasar, melalui surat Keputusan Uskup Denpasar tertanggal 5 September 2022, No. 279/KDPS/SEP/2022, Bapa Uskup berkenan menetapkan Moderator Komunitas Kerasulan Kerahiman Ilahi Tingkat Keuskupan Denpasar (KKKI KD).

Penetapan atas nama RP. Laurensius I Ketut Supriyanto, SVD sebagai Moderator Komunitas Kerasulan Kerahiman Ilahi Tingkat Keuskupan Denpasar Untuk Masa Bakti September 2022-September 2025, Bapa Uskup telah memperhatikan usul saran dari pelbagai pihak di Keuskupan Denpasar, terutama para perintis kesatuan Komunitas Kerasulan Kerahiman Ilahi untuk Keuskupan Denpasar.

Komunitas-komunitas devosan di paroki Kuta, Nusa Dua, Pecatu, Monang-Maning, Tabanan, dan beberapa devosan dari paroki lain yang belum terbentuk sebagai sebuah kelompok di parokinya, telah beberapa kali mengadakan pertemuan dan rekoleksi bersama.

Tentu hal ini menjadi sangat positif untuk menjadi ruang dan kesempatan saling berjumpa, sharing iman, dan juga merencanakan apa yang perlu dan harus dikerjakan sebagai devosan Kerahiman Ilahi di Keuskupan Denpasar dan di paroki.

Sharing iman ini dilaksanakan setiap bulan mengambil tempat bergiliran dari satu paroki ke paroki lain di mana komunitas devosan KI telah hadir.

Dari pertemuan bulanan itu, akhirnya pada tanggal 31 Agustus 2022, telah disahkan STATUTA Komunitas Kerasulan Kerahiman Ilahi Keuskupan Denpasar.

Foto-foto saat rekoleksi Kumunitas Kerasulan Kerahiman Ilahi berapa bulan lalu

Statuta ini menjadi pedoman untuk berkomunitas yang terlibat dan komunitas partisipatif dalam karya pastoral sesuai Arah Dasar Keuskupan Denpasar. Kerahiman Ilahi, bukanlah olah saleh baru.

Didasari oleh Devosi kepada Hati Kudus Yesus, devosi ini menghantar para devosan untuk belajar dari kesetiaan Santa Faustina Kowalska dan Santo Yohanes Paulus II yang kerap disebut sebagai rasul Kerahiman Ilahi.

Hati Kudus Yesus, mengalirkan belaskasih dari pintu kerahimanNya yang dibuka oleh serdadu di tiang salib. Air dan Darah terakhirNya ditumpahkan dari lambungNya.

Dari sanalah totalitas Cinta Kasih, kerahiman, belaskasih tanpa sisa mengalir bagi umat manusia.

Momen penuh rahmat dalam totalitas menumpahkan Darah bagi keselamatan umat manusia itu, tidak bisa dilepaskan dari betapa sakit hati Bunda Maria menyaksikan Putra Terkasihnya ditombak meskipun Dia sudah wafat.

Maka devosi kepada Kerahiman Ilahi, tidak menutup dirinya dari olah saleh yang sudah populer di kalangan umat beriman.

Statuta Kerasulan Kerahiman Ilahi Keuskupan Denpasar telah disahkan Uskup Denpasar Mgr. Silvester San

Berdevosi kepada Kerahiman Ilahi memang lebih bersifat pribadi, namun persaudaraan di antara semua jiwa yang terpanggil, menjadi perlu ditata.

Oleh sebab itulah, moderasi bagi semua pribadi dan komunitas yang ada, diperlukan.

Berdevosi tanpa efek bagi orang lain, juga tidak lebih dari upaya menyelamatkan diri sendiri saja. Sehingga persekutuan para devosan kerahiman Ilahi juga disebut sebagai kerasulan.

Menjadi rasul, melaksanakan karya-karya bagi keselamatan jiwa-jiwa lain, tentu bukan hanya sekedar berdoa koronka atau mengejar kesalehan pribadi.

Di dalamnya ada pengandaian keterlibatan dalam reksa pastoral parokial yang dilandasi oleh Cinta Kasih Pastoral, belas kasih dengan segala kualitasnya.
Santa Faustina, rasul Kerahiman Ilahi, diperingati dalam liturgi Gereja pada 5 Oktober.

Menandainya, para devosan diundang untuk membawa dalam doa dengan intensi-intensi khusus selama 9 hari. Dan tahun 2022, Komunitas Kerasulan Kerahiman Ilahi tingkat Nasional, akan menyelenggarakan Kongres Nasional mulai dari sehari sesudah peringatan Santa Faustina, yakni 6 – 9 Oktober 2022 di Makasar.

Foto-foto saat rekoleksi Kumunitas Kerasulan Kerahiman Ilahi berapa bulan lalu

Kongres Nasional Komunitas Kerasulan Kerahiman Ilahi 2022 adalah Kongres Nasional IV.

Pada KongNas IV ini, utusan dari Keuskupan Denpasar akan hadir secara resmi sebagai perwakilan tingkat keuskupan.

Pada kongres-kongres sebelumnya, dari wilayah Keuskupan Denpasar juga telah ikut menghadirinya namun bertindak atas nama pribadi-pribadi.

Oleh sebab itu, Kongres Nasional IV Komunitas Kerasulan Kerahiman Ilahi ini, menjadi saat yang sangat baik sebagai kesaksian bahwa di Keuskupan Denpasar, Komunitas Kerasulan Kerahiman Ilahi telah hadir, berkembang dan terlibat dalam karya pastoral meskipun sejatinya telah terlibat jauh sebelumnya.

Kongres Nasional IV ini tentu akan menghasilkan sesuatu yang perlu disampaikan kepada para devosan dan komunitas devosan Kerahiman Ilahi di paroki-paroki.

Oleh sebab itu, para perintis terhimpunnya Komunitas Kerasulan Kerahiman Ilahi tingkat Keuskupan Denpasar, akan kembali berkumpul di bulan Oktober untuk menata sikap selanjutnya sambil tetap melangkah selaras dengan Arah Dasar Keuskupan Denpasar.

Oleh sebab itu, melalui tulisan ini, kami mengundang para devosan, pribadi-pribadi dan komunitas yang sudah terbentuk di paroki-paroki di Keuskupan Denpasar, untuk berhimpun di paroki masing-masing sebagai satu kesatuan komunitas demi memudahkan koordinasi lintas paroki.

Kesatuan Komunitas Kerasulan Kerahiman Ilahi tingkat paroki memerlukan dukungan dari para Pastor Paroki untuk menjadi sebuah komunitas yang akan melangkah bersama sesuai hasil Sinode Keuskupan.

Untuk memudahkan koodinasi, para perintis kesatuan komunitas menyediakan contact Person yang bisa dihubungi atas nama MARIA CAECILIA LINDAYANI, no . HP 085737323700.

27 September 2022

Laurensius I Ketut Supriyanto, SVD

Show More

KOMISI KOMUNIKASI SOSIAL

Tim Redaksi *Pelindung Mgr. DR. Silvester San (Uskup Keuskupan Denpasar) *Pemimpin Umum/Penanggung Jawab/Pemimpin Redaksi RD. Herman Yoseph Babey (Ketua Komisi Komsos) *Redaktur: Hironimus Adil- Blasius Naya Manuk- Christin Herman- J Kustati Tukan-

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close