LINTAS PERISTIWA
Trending

KUKIS MAMA KADES, CARA KATEDRAL DENPASAR MAKNAI BKSN 2022

Seksi Kitab Suci dalam Dewan Pastoral Paroki Roh Kudus Katedral Denpasar kembali mengadakan lomba Kuis Kitab Suci Mama-mama Katedral Denpasar yang disingkat KUKIS MAMA KADES. Acara ini merupakan salah satu kegiatan dari paroki ini dalam memaknai Bulan kita Suci Nasional (BKSN) 2022.

Kegiatan itu dimulai pada Jumat, 23 September 2022, yang diawali dengan Perayaan Ekaristi yang pimpin dan dibuka secara langsung oleh Pastor Paroki Roh Kudus Katedral Denpasar, RD. Herman Yoseph Babey, pukul 18.00 Wita.

Dalam khotbahnya, RD. Herman Yoseph Babey menyentil tentang pelaksanaan Kuis Kitab Suci.

“Pada perayaan Firman Allah dalam bentuk kuis kitab suci, kita akan tahu, siapa yang tahu persis mengenal Tuhan yang berbicara mengenai firman-Nya, siapa yang benar-benar mengenal rancangan Allah yang menyelamatkan manusia, siapa yang akrab dengan firman Allah dan terus membaca firman Allah. Semoga para ibu semakin mengenali para nabi yang mewartakan kabar gembira tentang keselamatan yag kemudiaan hasil akhir dari kuis ini adalah semakin memengaruhi banyak orang untuk semakin mengenali firman Allah. Mari kita manfaatkan perayaan kita bersama dalam kuis kitab suci ini sebagai wadah yang mengikatkan kita dengan Firman Allah, mengakrabkan kita dengan firman Allah sekaligus menyatuhkan kita dengan firman Allah supaya firman Allah tidak sekedar pengetahuan yang kita baca tetapi supaya jalan hidup kita menuju kepada rancangan Allah yang menjadi keselamatan kita,” harap RD. Herman Yoseph Babey.

Setelah peryaan Ekaristi dilanjutkan dengan acara lomba Kuis Kitb Suci di ruangan basemen Katedral.

Ketua Seksi Kitab Katedral Denpasar, Hotma Naibaho mengatakan bahwa kegiatan ini adalah bagian dari Program Kerja Seksi Kitab Suci tahun 2022 yang bertujuan supaya Mama-mama Katedral Denpasar bisa mengenal lebih jauh dan menambah pengetahuan iman tentang Kitab Suci.

“Tahun sebelumnya juga kami adakan lomba yang sama tapi khusus para bapak dengan nama KUKIS BAPA KADES. Nah, kali ini kami adakan lagi tapi khusus Mama-mama atau yang dikenal dengan KUKIS MAMA KADES dengan materinya dari Kitab Amos dan Hosea. Lomba ini juga untuk memaknai Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN) 2020, ” kata Hotma Naibaho.

Berdasarkan laporan dari Panitia, ada 26 lingkungan yang ikut dalam lomba ini namun hanya ada 8 lingkungan yang lolos ke babak final setelah mengikuti babak penyisihan pada Jumat-Sabtu, 23-24 September 2022. Diantaranya Lingkungan Banjar Hati Maria Tak Bernoda, St. Yoseph, St. Arnoldus Jansen, Santa Klara, St. Paulus, Maria Fatima, Mater Inviolata dan St. Paulus.

Babak final kembali digelar pada Senin (03/10/2022) pada pkl. 18.00 di ruangan basemen Katedral.

Babak final ini berjalan begitu seru karena semua tim berusaha untuk menang dalam setiap babak. Mentalitas tim begitu siap dan percaya diri karena sebelumnya masing masing tim telah membangkitkan semangat dengan menampilkan yel-yel yang sudah mereka konsepkan dan juga bagian dari penilaian karena ada pilihan yel-yel terbaik.

Babak demi babak dilalui dengan mudah dan suasana begitu cukup menegangkan namun suasana kembali seru saat babak rebutan.

Para suporter dari masing-masing lingkungan selalu memberikan dukungan kepada timnya masing-masing. Namun kehadiran suporter tidak menganggu jalannya perlombaan karena panitia yang bekerja sama dengan Seksi Komsos Katedral telah menyediakan layar monitor di halaman basement.

Usai perlombaan, dilanjutkan dengan acara pentupan sekaligus pengumuman dan pembagian hadiah penghargaan kepada semua peserta dan para pemenang lomba.

“Terima kasih banyak buat seluruh panitia dan semua lingkungan yang sudah berpartisipasi selama kegiatan ini berlangsung. Kami mohon maaf jika ada kekurangan selama perlombaaan ini,” kata Mansuetus Bupu selaku Ketua Panitia.

Dalam sambutan penutupnya, RD. Herman Yoseph Babey juga kembali memberikan apresiasi dan mengingatkan semua peserta akan pentingnya membaca kitab suci.

“Bersyukur kepada Tuhan. Kita merayakan BKSN 2022 dalam bentuk kuis. Dalam perjalanan persiapan dana dan pelaksanaan, tentu saya berterima kasih kepada semua panitia dan semua pihak yang sudah menyukseskan kegiatan ini,” ungkap Rm. Babey.

Ucapan yang sama juga disampaikan Pastor Paroki Kepada seksi Kitab Suci Katedral dan rekan-rekan panitia karna telah menyelenggarakan dan menyukseskan kegiatan ini.

“Saya harus angkat jempol kepada semua peserta kukis. Sejak dari awal, saya melihat, mama-mama begitu kritis. Siapa pun yyg dinyatakan terbaik tetap itu menjadi milik semua. Apresiasi karna mama-mama berusaha untuk hafal isi Kitab Suci,” imbuh Romo Babey.

Romo Babey juga mengungkapkan rasa senang sekaligus tak lupa bersama panitia memohon maaf jika ada hal-hal teknis yang membuat peserta kecewa.

“Semoga saja, sesudah lomba ini kita tetap mengakrabi firman Tuhan. Untuk bisa mengimbangi dengan dunia digital dan media sosial. Dalam pernyataannya, Bapak Paus mengaharapakan supaya keluarga tidak boleh meninggalkan kitab suci. Semoga saja dalam seminggu ada waktu keluarga untuk membaca dan merenungkan kitab suci. Mama-mama bisa mempengaruhi bapak-bapak dan anak-anak untuk semakin akrab dengan Firman Tuhan,” pungkas Romo Babey.

Sebelum penyerahan hadiah kepada pemenang, acara diselingi dengan tutur kitab suci yang dibawakan oleh adik Maria Evriliana Seingo dan Gloria Kristiani Bora umat dari lingkungan Maria Bunda Gereja yang menjadi pemenang lomba tutur Kitab Suci Anak dan Remaja antar KBG se-lingkungan pada Minggu, 25 September 2022 lalu.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemberiaan piagam penghargaan kepada semua peserta dan hadia kepada kedelapan finalis.

Jalannya acara penutupan dibilang cukup merah karena diselingi dengan beberapa persembahan lagu dari Sekami Katedral, Melody Bali Voice dan Putri Sion Choir.

Berikut hasil kejuaraan lomba KUKIS MAMA KADES 2022: Juara I: Banjar Hati Maria Tak Bernoda (total nilai 840); Juara II: St.Paulus (815), Juara III: Regina Pacis (710), Juara IV : Maria Fatima 640+), Juara V: Mater Inviolata (640), Juara VI: Arnoldus Jansen (560).

Penulis
Theo Bala Blolong

Editor: Hiro/KomsosKD

Show More

KOMISI KOMUNIKASI SOSIAL

Tim Redaksi *Pelindung Mgr. DR. Silvester San (Uskup Keuskupan Denpasar) *Pemimpin Umum/Penanggung Jawab/Pemimpin Redaksi RD. Herman Yoseph Babey (Ketua Komisi Komsos) *Redaktur: Hironimus Adil- Blasius Naya Manuk- Christin Herman- J Kustati Tukan-

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close