PUSAT PASTORAL
Trending

KEUSKUPAN DENPASAR DAPAT SUMBANGAN MOBIL AMBULANCE

Keuskupan Denpasar mendapat berkat Tuhan berupa satu unit mobil ambulance sumbangan dari Yayasan St. Louis PanGa dan Yayasan BRIKASIH. Serah terima mobil ambulance ini dilaksanakan Jumat (23/9) di Aula Keuskupan Denpasar.

Dalam acara serah terima ini hadir dari pihak penyumbang antara lain Ketua dan Pengurus Yayasan St. Louis PanGa, Pembina serta beberapa pengurus Yayasan BRIKASIH.

 

Dari pihak penerima bantuan dihadiri sendiri oleh Bapak Uskup Denpasar Mgr. Silvester San didampingi Vikjen Keuskupan Denpasar Rm. Yosef Wora, SVD. Para staf keuskupan dan Puspas juga turut hadir menyaksikan acara ini.

Ada tiga sambutan singkat dalam acara ini. Namun sebelum sambutan didahului dengan doa yang dipimpin oleh Vikjen Keuskupan Denpasar Rm. Yosef Wora, SVD.

Usai doa, dilanjutkan dengan sambutan pertama dari Ketua Yayasan St. Louis Tikna Gunawan Lukita. Menurut Tikna Gunawan, bantuan berupa satu unit mobil ambulance ini merupakan bagian dari misi sosial yayasan itu yakni pengadaan fasilitas kesehatan, antara lain berupa alat transportasi.

Tikna mengungkapkan, yayasan ini telah membantu beberapa unit mobil ambulance kepada beberapa lembaga di seluruh Indonesia, terutama di daerah-daerah terpencil yang membutuhkan. Bantuan untuk Keuskupan Denpasar ini, katanya, merupakan salah satu unit kendaraan ambulance dari beberapa unit yang telah mereka sumbangkan.

“Dengan adanya ambulance ini dapat dipakai untuk melayani umat dari paroki-paroki atau klinik Katolik yang ada di wilayah Keuskupan Denpasar, sehingga umat atau masyarakat yang membutuhkan dapat dilayani dengan baik,” katanya.

Seremonial serah terima mobil ambulance. Dari kiri: Ketua Yayasan St. Louis PanGa Tikna Gunawan Lukita, Bapak Uskup, dan Pembina Yayasan BRIKASIH Satria Alexander

Ketua Yayasan St. Louis PanGa berharap dengan mobil ini Keuskupan Denpasar dapat memberikan pelayanan khususnya di bidang kesehatan.

“Harapan kami, Keuskupan Denpasar dapat memberikan pelayanan khususnya di bidang kesehatan bagi umat atau masyarakat di wilayah Keuskupan Denpasar,” harapnya.

Menurut Tikna, bantuan mobil ambulance ini didukung penuh oleh BRIKASIH selaku sponsor utama, serta beberapa sponsor lainnya yang turut menjadi donatur. Dia menyampaikan ucapan terima kasih kepada para sponsor dan donatur.

Ucapan terima kasih juga disampaikannya untuk Keuskupan Denpasar yang telah menjadi saluran berkat bagi mereka dengan menerima bantuan ini untuk melayani masyarakat.

Penandatanganan berita acara serah terima kendaraan

Di bagian akhir sambutannya Tikna memperkenalkan sekilas Yayasan St. Louis PanGa, sebuah yayasan yang bergerak di bidang sosial. Dari namanya, yayasan ini didirikan dan dikelola oleh para Alumni St. Louis Surabaya khususnya angkatan tahun 1983. Jadi nama ‘PanGa’ di belakang kata Louis itu merupakan singkatan dari DelaPan TiGa.

Sementara sambutan berikutnya disampaikan oleh Pembina Yayasan BRIKASIH Satria Alexander. Mengawali sambutannya, Satria mengucapkan terima kasih kepada Uskup Denpasar yang telah menerima sumbangan dari kedua yayasan itu.

“Terima kasih, kami dapat kesempatan bertemu dengan Bapak Uskup dalam acara penyerahan mobil ambulance ini,” katanya. Menurut dia, sumbangan ini merupakan wujud dukungan dari pihaknya untuk aksi sosial Gereja Katolik Keuskupan Denpasar.

BRIKASIH yang memiliki moto ‘Berbagi Kasih dan Harapan” dibentuk pada 2 Mei 2016 oleh para karyawan-karyawati BRI yang berlatar belakang Kristiani. Tujuan didirikannya yayasan ini adalah untuk tujuan sosial dan kemanusiaan termasuk memperhatikan lembaga keagamaan.

“Kami berharap kerjasama ini terus berlanjut dan berkembang,” katanya, seraya berharap agar ke depan perhatian mereka bisa juga menjangkau paroki-paroki.

Seremonial serah terima mobil ambulance. Dari kiri: Ketua Yayasan St. Louis PanGa Tikna Gunawan Lukita, Bapak Uskup, dan Pembina Yayasan BRIKASIH Satria Alexander

Satria menginformasikan, sejak berdirinya yayasan ini, telah banyak menyalurkan bantuan termasuk bantuan untuk pembangunan gereja Gianyar beberapa waktu lalu, juga pembangun gereja di beberapa wilayah di NTT.

APRESIASI TINGGI

Uskup Denpasar Mgr. Silvester San menyambut gembira sumbangan dari kedua yayasan tersebut untuk mendukungan karya pelayanan di Keuskupan Denpasar. Bapak Uskup mengungkapkan apresiasi yang tinggi dan terima kasih untuk bantuan mobil ambulance ini.

“Kami sangat berterima kasih. Ini sangat bermanfaat bagi pelayanan umat Keuskupan Denpasar. Dengan adanya mobil ini dapat melayani mereka yang sakit,” ungkap Bapak Uskup.

Pimpinan Gereja Katolik tertinggi di Bali dan NTB ini menambahkan bahwa mobil ambulance ini tentu sangat membantu.

“Ini sangat membantu, bahkan kendaraan ini nantinya bisa juga dipakai oleh Rukun Kematian, demikian pula klinik-klinik Katolik yang ada,” imbuh Mgr. San, seraya menjelaskan bahwa dalam Gereja Katolik ada yang namanya Rukun Kematian, sehingga mobil ini juga bisa dipakai.

Di bagian akhir Bapak Uskup kembali mengungkapkan, “Apresiasi tinggi dan terima kasih kepada Yayasan Sint Louis PanGa dan BRIKASIH sebagai sponsor utama serta sponsor lainnya. Kami akan menggunakan kendaraan ini sebaik-baiknya untuk pelayanan umat dan untuk kemuliaan nama Allah. kami terima ini dengan senang hati untuk melayani umat,” pungkas Mgr. San.

Setelah sambutan, kemudian dilanjutkan penandatangan berita acara serah terima dan penyerahan mobil secara simbolis di dalam aula.

Kemudian Bapak Uskup dan seluruh hadirin menuju halaman di samping aula untuk melakukan pemberkatan mobil ambulance yang sudah tiba di kantor Keuskupan Denpasar beberapa hari sebelumnya. ***

Penulis
Hironimus Adil
Show More

KOMISI KOMUNIKASI SOSIAL

Tim Redaksi *Pelindung Mgr. DR. Silvester San (Uskup Keuskupan Denpasar) *Pemimpin Umum/Penanggung Jawab/Pemimpin Redaksi RD. Herman Yoseph Babey (Ketua Komisi Komsos) *Redaktur: Hironimus Adil- Blasius Naya Manuk- Christin Herman- J Kustati Tukan-

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close