LINTAS PAROKILINTAS PERISTIWA
Trending

KATEDRAL DENPASAR MERIAHKAN HARI ANAK MISIONER DENGAN BAZAAR DAN ANEKA LOMBA

Paroki Roh Kudus Katedral Denpasar, kembali menggelar Bazaar Sekami dalam rangka memaknai Hari Anak Misioner Sedunia yang ke-180 tahun di halaman gereja Katedral selama dua hari mulai Sabtu-Minggu (07-08/01/2023) dengan mengusung tema: “ Bersahabat, Terlibat, Menjadi Berkat”.

Master of Caremony selama dua hari ini diantaranya: Kak Christine Diandini, kak Angelina Putri, kak Paula, kak Kenzo, kak Alfred Bata Gago dan kak Ajeng Silvata.

Hari Pertama, Sabtu (07), diawali dengan persembahan tarian pendet dari TK St. Yoseph Denpasar yang membuat seluruh Panitia dan tamu undangan terpukau. penampilan marching band dari TK St. Yoseph pun tidak kalah menariknya.

Selanjutnya acara sambutan-sambutan. Ketua Umum Panitia Bazaar Sekami 2023, Yohanes Vitalis Alexander, diberi kesempatan pertama untuk memberikan sambutan.

“Puji Syukur kepada Tuhan karena kali ini kita bisa kembali adakan Bazaar Sekami setelah dua tahun tidak diadakan karena pandemi covid 19. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara SEKAMI, Seksi Pengembangan Sosial Ekonomi dan Komunitas Peduli Pendidikan Anak Katedral untuk mendukung karya dan pelayanan. Ada 58 stand makanan dan non makanan dan 7 stand sponsorship. Kita bersyukur karena walaupun persiapan hanya dua bulan tapi banyak pihak yang dukung kegiatan ini. Tentu saja kita berharap agar kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar,” demikian kata Ketua Panitia, Vitalis Alexander.

Ketua Bidang Pembinaan Iman Katedral, Pius Leza, diberi kesempatan kedua. Pemilik Rumah Musik Angelicus ini memantik semangat Panita dan seluruh peserta dengan yel-yel Sekami.

Kegiatan ini sangat luar biasa sehingga perlu ada dukungan dari kita semua. Semoga Tuhan memberikan cuaca yang baik selama kegiatan ini berlangsung,” ungkap Pius Leza.

Sementara Pastor Paroki Roh Kudus Katedral Denpasar, RD. Herman Yoseph Babey, yang sekaligus membuka kegiatan Bazaar ini mengungkapkan,“Terima kasih atas perjumpaan hari ini tanpa ada sekat perbedaan suku, agama dan ras. Kolaborasi kegiatan ini tentu saja didukung oleh DPP, DKP, Para Ketua Lingkungan Katedral. Terima kasih kepada Panitia yang sudah bekerja keras dan terutama semua peserta stand dari lingkungan dan juga dari luar paroki yang sudah berpartisipasi untuk mendukung kegiatan ini.’’

Acara kemudian dilanjutkan dengan perlombaan-perlombaan diantaranya: Lomba Mewarnai, Lomba Mozaik, Lomba Joget Lagu Daerah Bapak dan Ibu antar Lingkungan, Lomba Gerak dan Lagu Sekami antar Lingkungan, Lomba Vokal Group OMK antar Lingkungan, Lomba Pop Singer Anak dan Remaja Sekami antar Lingkungan.

Hari kedua, Minggu (08), pukul 09.30 wita adalah puncak Perayaan Iman Hari Anak Misioner Sedunia yang ke 180 tahun yang dipimpin langsung oleh Uskup Denpasar, Mgr. Silvester San, didampingi RD. Herman Yoseph Babey, RD. Thomas Almasan dan RD. Paulus Seran Nahak. Perayaan Ekaristi ini dimeriahkan oleh koor dari Sekami Katedral Denpasar.

Usai perayaan Ekaristi dilanjutkan dengaan perlombaan lainnya, diantaranya: Lomba Gerak dan Lagu Sekami antar Lingkungan dan Vokal Group OMK antar lingkungan.

Sebelum acara lomba dimulai diawali dengan persembahan Drum Band dari TK-KB St. Yoseph 1 Denpasar yang disaksikan langsung oleh Mgr. Silvester San, RD. Herman Yoseph Babey, ketiga Pastor Rekan, DPP, DKP dan seluruh umat yang hadir.

“Kita berterima kasih kepada Yang Mulia bapak Uskup hadir dalam perayaan ini. Dan tentu saja kita berterima kasih kepada orangtua karena telah menjadi pembina anak-anak di rumah dan juga para pendamping sekami yang sudah memberikan pelayanan. Terima kasih untuk DPP dan DKP atas dukungannya dan secara khusus untuk adik-adik Sekami,” kata Romo Babey.

Selanjutnya sapaan kasih dari Mgr. Silvester San. “Kita patut bergembira dan bersyukur dan menyatakan syukur dalam perayaan ekaristi tadi. Syukur kepada Allah karena telah memantapkan kebaikannya. 180 tahun bukanlah usia yang pendek. Terima kasih untuk semua yag mendukung sehingga semuanya ini berjalan dengan baik. Terima kasih untuk semua pihak, Pastor Paroki, DPP dan Panitia. Kita bergembira karena Sekami ini lembaga penting untuk mempersiapkan masa depan Gereja, bangsa dan negera. Kegiatan ini sangat berguna. Paling penting hari ini kita gunakan kesempatan ini untuk bersukacita, bergembira, bersahabat, terlibat, menjadi berkat,” demikian ungkapan kasih dan harapan Mgr. San.

Acara dilanjutkan dengan prosesi peniupan lilin dan pemotongan kue ulang tahun. Lalu kemudian acara perlombaan dilanjutkan hingga pengumuman juara.

PEMENANG LOMBA

Lomba Gerak dan Lagu Sekami antar Lingkungan: Juara I (Regina Pacis), Juara II (Thomas Aquino), Juara III (). Lomba Joget Daerah Bapak dan Ibu antar Lingkungan: Juara I (Paulus), Juara II (Maria Bunda Karmel), Juara III (Regina Pacis).

Lomba Gerak dan Lagu Sekami antar Paroki: Juara I (Maria Ratu Rosari Gianyar), Juara II (Maria Immaculata Tabanan), Juara III (Tri Tunggal Mahakudus Tuka).

Lomba Mewarnai Kategori A: Juara I (Arnoldus Jansen), Juara II (Maria Bunda Penolong Abadi), Juara III (Mater Inviolata).

Lomba Mewarnai Kategori B: Juara I (Imacuata), Juara II (Maria Assumpta), Juara III (Maria Bunda Karmel).

Lomba Mozaik: Juara I (Ratu Rosari), Juara II (Yohanes Pembaptis), Juara III (Maria Bunda Penolong Abadi).

Lomba Pop Singer: Juara I (Paulus), Juara II (Ratu Rosari), Juara III (MBK). Lomba Vokal Grup OMK antar Lingkungan: Juara I (Maria Mater Dei), Juara II (Regina Caeli), Juara III (Ratu Rosari).

DEWAN JURI

Sementara juri lomba terdiri dari Juri Lomba Mewarnai dan Mozaik: Fransiskus I Gede Agus Harsanta, Ni Putu Wulan Widhyani Putri dan Putri Indri Viyanti.

Juri Lomba Joget Bapak dan Ibu antar lingkungan: Komang Chyntia Yurika Kurniawan, Ni Made Ayu Sri Pujaastuti.

Juri Lomba Pop Singer Anak dan Remaja antar Lingkungan: Eto Tagur, Monica Nike Adiba dan Fr. Daniel Pedro Lasar.

Juri Gerak Lagu Sekami antar Lingkungan: Fr. Daniel Mario Pedro Lasar, Fr. Pedro Agus Dwi Juniantara Ramos dan Linda Fernandez.

Juri Lomba Vokal Group OMK: Fr. Daniel Mario Pedro Lasar, Eto Tagur dan I Made Mario Pedro Lasar.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan hadiah untuk semua pemenang.

“Berysukur karena bagian acara, bazaar stand makanan dan non makanan bisa berjalan dengan baik dan lancar. Terima kasih untuk 7 stand sponsorship yang sudah membantu kegiatan ini. Terima kasih juga atas suport dari lingkungan yang sudah membeli kupon bazaar dan semua pihak yang sudah mendukung kegiatan ini” tutur Vitalis Alexander dalam sambutan penutup.

Bazaar Sekami 2023 ditutup secara resmi oleh Pastor Paroki Roh Kudus Katedral Denpasar, RD. Herman Yoseph Babey.

“Bersyukur kepada Tuhan karena kita sudah mengalami hal yang luar biasa selama dua hari bazaar ini. Terima kasih kepada Panitia Penyelenggara atas pelayanan dan pengabdian. Terima kasih juga untuk seluruh umat dari KBG dan lingkungan. Terima kasih juga yang sudah mengisi stand kuliner dan donator. Minta maaf jika tempatnya kurang strategis. Proficiat bagi lingkungan yang sudah menjadi pemenang tapi semuanya adalah pemenang untuk Katedral. Kita akan bertemu lagi di HAM ke 181 tahun pada 6-7 Januari 2024,” tutur Romo Babey.

Acara Hari Anak Misioner dan Bazaar kali ini terbilang sangat meriah dan sukses karena setiap sesi di selingi dengan performance dari Keke Adiba, Miska (Misdinar Katedral) Band, Ibu Dewi, Flashmob Pendamping Sekami Katedral, WKRI Katedral, Carel, Killy dan Romo Babey.

Berdasarkan pantauan, area sekitar panggung acara dan semua stand kuliner dan non kuliner ramai dikunjungi umat setelah misa. Salah satu penjual (pemilik stand) merasa senang dan cukup puas dengan hasil bazaar kali ini.

“Saya merasa senang dan berterima kasih karena sudah bisa ikut berpartisipasi. Tentu saja saya juga merasa cukup puas karena tadi tempat saya cukup ramai dikunjungi. Semoga tahun depan diadakan lagi dan semakin banyak pengunjungnya,” kata Ibu Yuli, Pemilik stand Cendol deKraton sambil membereskan standnya.

Seluruh rangkaian acara Bazaar Sekami 2023 berjalan dengan lancar, walaupun Sabtu pagi di seputaran Denpasar sempat diguyur hujan deras.

Penulis: Theo Bala Blolong/Jurnalis Katedral

Editor: Hiro/KomsosKD

Show More

KOMISI KOMUNIKASI SOSIAL

Tim Redaksi *Pelindung Mgr. DR. Silvester San (Uskup Keuskupan Denpasar) *Pemimpin Umum/Penanggung Jawab/Pemimpin Redaksi RD. Herman Yoseph Babey (Ketua Komisi Komsos) *Redaktur: Hironimus Adil- Blasius Naya Manuk- Christin Herman- J Kustati Tukan-

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close