LINTAS PAROKILINTAS PERISTIWA
Trending

AFC RANGKUL ORANG MUDA GEREJA KATOLIK DAN PROTESTAN SE-PULAU LOMBOK DAN SUMBAWA

Ampenan – Rabu, (11/1/2023) menjelang malam, sekitar Pukul 17.00 Wita, acara Opening Ceremoni Kegiatan AFC (Antonius Futsal Championship) yang diselenggarakan Orang Muda Katolik (OMK) St. Antonius Ampenan resmi dibuka oleh Pastor Paroki Ampenan yang diwakili Pastor Rekan P. Jhony Baptis, SVD.

Acara pembukaan itu terbilang meriah. Terbukti banyaknya peserta/tim beserta suporternya hadir menyaksikan masing-masing tim yang akan berlaga pada hari itu.

Sebagai pembuka Pater Jhony berpesan sekaligus berterima kasih. “Terimakasih untuk teman-teman semua yang hadir pada malam hari ini, terimakasih karna sudah menjawab intensi dan atensi dari kami panitia,” ungkap Pater Jhony, sebelum secara simbolik menendang bola masuk ke gawang, tanda Antonius Futsal Championship resmi digelar.

Kick off pun dimulai. Adu skill dan kekompakkan setiap tim mampu memanjakan mata dan bahkan menghipnotis para suporter yang berada di pinggir lapangan hijau. Hal ini menjadi tontonan yang sangat menarik.

Riuh gemuruh suara penonton yang memenuhi setiap sudut lapangan semakin menambah semangat para pemain untuk bertarung. Jadwal pertandingan yang berakhir hingga pukul 22.00 wita ini pun semakin mengundang penasaran warga kampung sekitar untuk datang menyaksikan.

Lokasi lapangan pun cukup representatif, bahkan aman terkendali karna berada didalam Kompleks Komando TNI Angkatan Udara.

Untuk hari pertama rata-rata tim unggulan masih menguasai permainan untuk menjadi pemuncak klasemen di masing-masing grup. Euforia para suporter untuk mendukung timnya ini pun tetap bertahan baik pada hari kedua hingga memasuki babak final pada hari keempat.

Dari sekian banyak orang yang hadir tak sedikit pula yang memberikan pujian untuk teman-panitia OMK Ampenan sebagai penyelenggara tunggal. Mereka mengapresiasi karna mampu mendatangkan tim-tim dari luar pulau lombok yakni, OMK Sumbawa, OMK Dompu dan Sampela Donggo.

“Respek dengan semangat kalian panitia, dua jempol,” kata seorang suporter disela pertandingan antara GBI Rock Vs Pace Black Papua.

Kegiatan sistim setengah kompetisi ini diikuti oleh 16 tim dari utusan orang muda gereja dan organisasi gereja se-pulau Lombok dan Sumbawa. Pertandingan akhirnya dimenangkan oleh tim dari Pulau seberang yaitu Sampela Donggo FC.

Sedangkan Podium Kedua diambil alih oleh tim dari WeekKombak FC Sumba Barat Daya. Dan disusul oleh tim tuan rumah Antonius Padua FC pada urutan ketiga.

Sebelum pengalungan medali serta penyerahan piala secara simbolik dari panitia kepada para sang juara, Mario atas nama Orang Muda Katolik Ampenan sekaligus Ketua Panitia menyampaikan apresiasi atas partisipasi semua tim.

“Terimakasih untuk keterlibatannya. Mari kita jadikan ajang ini sebagai bentuk silaturahmi antar kita ditengah mayoritas,” pesan Mario Rere Jaro penuh haru.

Antusiasme peserta sejak pendaftaran dibuka hingga hari H sangat luar biasa. Tampak organisasi kepemudaan dari Gereja-gereja Kristen Protestan dan Katolik ditambah organisasi nasional PMKRI dan Pemuda Katolik turut berpartisipasi dalam kegiatan yang bertajuk “Satukan Perbedaan, Hadirkan Persaudaraan.”.

Kegiatan yang berlangsung selama 4 hari itu cukup mengundang decak kagum. Meski dihantam badai hujan disertai angin, namun kekompakan panitia tak pernah luntur. Terbukti, walau sedang sibuk memungut sisa sampah yang tertinggal, Boby, seorang OMK tetap memberi suport untuk teman-teman panitia. “Akhirnya lelah terbayar lunas,” teriaknya.

Untuk seluruh rangkaian kegiatan ini, panitia OMK Ampenan mengemasnya dalam malam acara puncak perayaan bersama yaitu pada sabtu (14/1/2023) di halaman Gereja Katolik St. Antonius Padua Ampenan dengan menghadirkan semua tim yang telah terlibat dalam pertandingan AFC.

Acara bebas berekspresi diatas panggung megah yang sudah disiapkan oleh panitia ini terbilang ramai, meski sedikit terhambat akibat hujan di malam minggu itu. Namun tidak mengendorkan semangat dari para peserta untuk berkreasi di atas panggung.

Mario, lewat kata sambutannya, lagi-lagi menyampaikan terima kasih untuk Pastor Paroki beserta DPP yang telah mendukung penuh hingga kegiatan ini berjalan lancar.

“Terima kasih untuk kepercayaan yang diberikan kepada saya. Semoga persahabatan kita akan tetap terjalin dengan baik,” tutupnya.

P. Iron, SVD, sebagai Pastor Paroki dalam sambutan singkatnya menyampaikan apresiasi untuk kepanitiaan. “Sekaranglah saatnya yang muda yang beraksi, yang muda yang bersaksi,” ungkapnya.

Lebih lanjut Pastor yang penuh energik ini menyampaikan Profisiat untuk semua, baik Orang muda Gereja dari pulau Lombok maupun Sumbawa.

“Soal juara atau menang hanyalah bonus. Yang penting kita disatukan dalam satu keluarga besar yang puncaknya sama-sama kita nikmati malam ini. Inilah moment untuk berbuat lebih baik lagi,” ungkapnya.

Acara malam puncak ini ditutup dengan penyerahan medali, piala dan uang pembinaan untuk tim-tim juara, top skor, pemain terbaik dan best suporter dalam pagelaran Antonius Futsal Championship 2023. Diiringi dentuman dan gemerlapan cahaya kembang api serta Ja’i bersama. Sayonara! ***

Penulis
Oman Otto

Editor: Hiro/KomsosKD

Show More

KOMISI KOMUNIKASI SOSIAL

Tim Redaksi *Pelindung Mgr. DR. Silvester San (Uskup Keuskupan Denpasar) *Pemimpin Umum/Penanggung Jawab/Pemimpin Redaksi RD. Herman Yoseph Babey (Ketua Komisi Komsos) *Redaktur: Hironimus Adil- Blasius Naya Manuk- Christin Herman- J Kustati Tukan-

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close